Judul:
Relationship
Quality sebagai prediktor Customer Loyalty pada Perusahaan Expedisi XYZ
Inti
Latar Belakang:
Pada hakikatnya, perusahaan
berusaha untuk mendapatkan pelanggan, menjaga agar pelanggannya memiliki
loyalitas kepada perusahaan, dan meningkatkan nilai pelanggan bagi perusahaan.
Oleh karena itu menciptakan hubungan merupakan hal yang terpenting dalam
strategi pelanggan. Hubungan antara pelanggan dengan dan perusahaan menciptakan
jaringan bagi segala sesuatu yang menghubungkan model usaha berbasis nilai
pelanggan. Relationship marketing merupakan proses menciptakan,
mempertahankan, dan meningkatkan hubungan yang kuat berdasarkan nilai dengan
pelanggan dan pihak lain yang berkepentingan. Pemasaran relasional merupakan
strategi pemasran yang menekankan pada hubungan yang terus berlanjut dengan
pelanggan dan pemasok.
PT XYZ merupakan
perusahaan ekspedisi yang memberikan pelayanan pengiriman barang kepada
konsumen. Mayoritas konsumen PT XYZ merupakan kalangan usaha, sehingga model
bisnis yang terjadi adalah business to
business. Sebagai perusahaan yang menerapkan model business to business, PT XYZ dituntut untuk mengembangkan hubungan
yang baik dengan konsumen. Artinya, perusahaan harus mampu membangun relationship marketing yang berkualitas.
Penciptaan kualitas hubungan (relationship
quality) yang baik antara perusahaan dengan pelanggan merupakan hal vital
yang akan mempengaruhi customer loyalty.
Sebagaimana hasil penelitian Auruskeviciene, Salciuviene, dan Skudiene (2010)
dan Pi dan Huang (2011) menunjukkan bahwa relationship
quality merupakan faktor yang mampu memprediksi customer loyalty. Dalam penelitian ini, relationship quality akan diamati dengan menggunakan dimensi functional quality, trust, dan commitment.
Rumusan
Masalah:
Apakah functional quality, trust, dan commitment
merupakan prediktor yang tepat dalam memprediksi customer loyalty pada perusahaan ekspedisi PT XYZ Surabaya?
Jurnal
Terdahulu yang Digunakan:
Auruskeviciene,
Vilte, Laura Salciuviene, dan Vida Skudiene. (2010). The Relationship Quality
Effect on Customer Loyalty. Pecvnia,
10 (2010), pp. 23-36.
Wan-Ping Pi,
Wan-Ping dan Hsieh-Hong Huang. (2011). Effects of Promotion on Relationship
Quality and Customer Loyalty in The Airline Industry: The Relationship
Marketing Approach. African Journal of
Business Management, Vol.5 (11), 4 June, 2011, pp. 4403-4414.
landasan teori
customer
loyalty
(disub sub lagi dalam definisi, pengukuran/atribut/aspek/dimensi,
jenis-jenisnya, faktor yang mempengaruhi)
functional
quality
(di sub sub lagi dalam definisi – selipkan juga manfaat atau dampaknya dalam
konteks pemasaran, pengukuran/aspek/atribut/dimensi)
trust (di sub sub
lagi dalam definisi – selipkan juga manfaat atau dampaknya dalam konteks
pemasaran, pengukuran/aspek/atribut/dimensi)
commitment (Konsumen)
penelitian
terdahulu yang dua jurnal
kerangka konsep
Hipotesis
metode
penelitian
jenis penelitian
>> kuantiatif
populasi
>> konsumen perusahaan
teknik
pengambilan sampel >> purpossive sampling ï nonprobability sampling
sampel >> pelanggan
yang loyal
metode
pengumpulan data
kuesioner
tertutup
skala
likert rentang lima
aras
ordinal
prosedur
pengumpulan data >> direct approach
teknik analisis data
1.
uji
validitas dan reliabilitas instrumen
a.
uji
validitas
b.
uji
reliabilitas
2.
penyajian
data
statistik
deskriptif: tabel frekuensi, mean
3.
analisis
koefisien determinasi berganda
r square
4.
analisis
regresi linier berganda
model regresi
liner berganda
5.
pengujian
hipotesis
a.
uji
F
b.
uji
t
Tidak ada komentar:
Posting Komentar