An analysis of service
quality in academic libraries using LibQUAL scale: Application oriented
approach, a case study in Mashhad University of Medical Sciences (MUMS) libraries
(Analisis kualitas
pelayanan di perpustakaan akademik menggunakan skala LibQUAL: pendekatan
berorientasi Aplikasi, studi kasus di perpustakaan Mashhad University of
Medical Sciences (MUMS))
S. Pedramnia P. Modiramani V. Ghavami Ghanbarabadi (2012),"An analysis of
service quality in academic libraries using LibQUAL scale", Library
Management, Vol. 33 Iss 3 pp. 159 – 167
Permanent link
to this document: http://dx.doi.org/10.1108/01435121211217144
-------------------------------------------------------------------------------
Review:
Review:
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui kualitaas layanan yang diberikan oleh perpustakaan
MUMS dan selanjutnya menentukan kepuasan anggota dan harapan dari layanan yang
diberikan perpustakaan tersebut.
Perpustakaan harus banyak melakukan perubahan
seiring kondisi yang berubah dan kebutuhan pengguna atau anggota perpustakaan.
Perpustakaan yang sukses adalah yang memberikan peningkatan kualitas layanan
yang diberikan.
Evaluasi dan
penilaian program kualitas layanan perpustakaan dimulai sekitar tahun 1995 dan
terus hingga saat ini. Model dan alat yang berbeda telah disusun dan
dilaksanakan selama ini. Salah satunya adalah LibQUAL. Alat ini berorientasi pada
pelanggan dan kualitas tindakan layanan perpustakaan serta memberikan informasi
rinci dan aplikasi untuk pengelola agar memahami kekuatan dan kelemahan untuk
membuat keputusan dalam meningkatkan kualitas pelayanan.
Penelitian ini
menggunakan metode survei untuk mengumpulkan data. Kualitas layanan diukur
dengan 22 item yang diambil langsung dari skala pengukuran LibQUAL versi 2004, dengan atribut pengukuran tiga dimensi LibQual,
yaitu: Affect of Service, Information Control, dan Library as Place.
Temuan penelitian
adalah rata-rata skor tertinggi adalah "Affect of Service"
dengan 6.39 dan terendah skor 5,75 adalah "Library as Place".
Total hasil menekankan pentingnya tingkat pengetahuan khusus pustakawan dalam
menyajikan layanan yang sesuai dalam sirkulasi dan referensi. Sebuah hasil yang
signifikan, dalam dimensi "Information Control", dan sesuai jam
kerja; sistem klasifikasi untuk mencari dan mengakses informasi dan waktu yang
tepat untuk meminjamkan sumber. Kesenjangan terbesar yang berhubungan dengan
menggunakan data multimedia diperbarui, jumlah yang tepat dari komputer dan
fasilitas yang memadai seperti laptop/PC dan jaringan broadband untuk akses
yang lebih baik ke sumber daya berlangganan elektronik melalui MUMS situs web
perpustakaan pusat.
Implikasi
Praktis - Hasil penelitian ini menekankan pentingnya tingkat pengetahuan khusus
pustakawan dalam menyajikan layanan yang sesuai dalam sirkulasi dan referensi
bagian serta mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari sekolah MUMS dan perpustakaan
untuk meningkatkan keputusan yang mempengaruhi kualitas layanan perpustakaan.
Orisinalitas/nilai
- Temuan menunjukkan aspek semua sangat penting dari dimensi "Affect of Service"
dalam perpustakaan akademis seperti memahami kebutuhan pengguna dan menyajikan
pelayanan yang sempurna.
Semoga Bermanfaat!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar