Minggu, 07 Agustus 2016

Review Jurnal



An analysis of service quality in academic libraries using LibQUAL scale: Application oriented approach, a case study in Mashhad University of Medical Sciences (MUMS) libraries

(Analisis kualitas pelayanan di perpustakaan akademik menggunakan skala LibQUAL: pendekatan berorientasi Aplikasi, studi kasus di perpustakaan Mashhad University of Medical Sciences (MUMS))

S. Pedramnia P. Modiramani V. Ghavami Ghanbarabadi (2012),"An analysis of service quality in academic libraries using LibQUAL scale", Library Management, Vol. 33 Iss 3 pp. 159 – 167
Permanent link to this document: http://dx.doi.org/10.1108/01435121211217144
-------------------------------------------------------------------------------
Review:
 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitaas layanan yang diberikan oleh perpustakaan MUMS dan selanjutnya menentukan kepuasan anggota dan harapan dari layanan yang diberikan perpustakaan tersebut.

Perpustakaan harus banyak melakukan perubahan seiring kondisi yang berubah dan kebutuhan pengguna atau anggota perpustakaan. Perpustakaan yang sukses adalah yang memberikan peningkatan kualitas layanan yang diberikan.

Evaluasi dan penilaian program kualitas layanan perpustakaan dimulai sekitar tahun 1995 dan terus hingga saat ini. Model dan alat yang berbeda telah disusun dan dilaksanakan selama ini. Salah satunya adalah LibQUAL. Alat ini berorientasi pada pelanggan dan kualitas tindakan layanan perpustakaan serta memberikan informasi rinci dan aplikasi untuk pengelola agar memahami kekuatan dan kelemahan untuk membuat keputusan dalam meningkatkan kualitas pelayanan.

Penelitian ini menggunakan metode survei untuk mengumpulkan data. Kualitas layanan diukur dengan 22 item yang diambil langsung dari skala pengukuran LibQUAL versi 2004, dengan atribut pengukuran tiga dimensi LibQual, yaitu: Affect of Service, Information Control, dan Library as Place.

Temuan penelitian adalah rata-rata skor tertinggi adalah "Affect of Service" dengan 6.39 dan terendah skor 5,75 adalah "Library as Place". Total hasil menekankan pentingnya tingkat pengetahuan khusus pustakawan dalam menyajikan layanan yang sesuai dalam sirkulasi dan referensi. Sebuah hasil yang signifikan, dalam dimensi "Information Control", dan sesuai jam kerja; sistem klasifikasi untuk mencari dan mengakses informasi dan waktu yang tepat untuk meminjamkan sumber. Kesenjangan terbesar yang berhubungan dengan menggunakan data multimedia diperbarui, jumlah yang tepat dari komputer dan fasilitas yang memadai seperti laptop/PC dan jaringan broadband untuk akses yang lebih baik ke sumber daya berlangganan elektronik melalui MUMS situs web perpustakaan pusat.

Implikasi Praktis - Hasil penelitian ini menekankan pentingnya tingkat pengetahuan khusus pustakawan dalam menyajikan layanan yang sesuai dalam sirkulasi dan referensi bagian serta mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari sekolah MUMS dan perpustakaan untuk meningkatkan keputusan yang mempengaruhi kualitas layanan perpustakaan.

Orisinalitas/nilai - Temuan menunjukkan aspek semua sangat penting dari dimensi "Affect of Service" dalam perpustakaan akademis seperti memahami kebutuhan pengguna dan menyajikan pelayanan yang sempurna.

Semoga Bermanfaat!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar